tugas 3 softskill 2DB01

9.28.2010

 Komponen-Komponen Pendukung SIM

Pendahuluan
“Sistem adalah sekelompok elemen-elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.” (Mc Leod dan Schell 2004).
“Menurutnya sistem adalah seperangkat bagian-bagian yang saling berhubungan.” (J.C. Hinggins)
SIM mempunyai banyak pengertian, tetapi SIM juga mempunyai komponen-komponen. Komponen-komponen ini yang akan membantu jalannya SIM, Beberapa komponen pendukung, diantaranya:
1) Sistem Database
2) Decission Support System
3) Information Resource Management ( IRM )
4) User Machine System
5) Synergystic Organization
  
Komponen sistem informasi manajemen  adalah seluruh elemen yang membentuk suatu sistem informasi. Komponen sistem informasi terbagi menjadi dua yaitu komponen Sistem informasi manajemen secara fungsional dan sistem informasi manajemen secara fisik :1. Komponen Sistem Informasi Manajemen Secara Fungsional

Pembahasan
Baskerville dan Myers berargumentasi bahwa SIM sudah saatnya menjadi sebuah disiplin ilmu secara mandiri. Davis menawarkan konsensus, bahwa setidaknya terdapat lima aspek yang dapat dikategorikan sebagai ciri khusus bidang SIM :
1. Proses Manajemen, seperti perencanaan strategis, pengelolaan fungsi sistem
informasi, dan seterusnya.
2. Proses Pengembangan, seperti manajemen proyek pengembangan sistem, dan seterusnya.
3. Konsep Pengembangan, seperti konsep sosio-teknikal, konsep kualitas, dan seterusnya.
4. Representasi, seperti sistem basis data, pengkodean program, dan seterusnya.
5. Sistem Aplikasi, seperti Knowledge Management, Executive System, dan seterusnya.
Sebagai dasar pengetahuan, Informasi adalah kumpulan dari data-data yang diolah sehingga menjadi sesuatu yang berarti dan bermanfaat. Sedang data adalah fakta-fakta, angka-angka atau statistik-statistik yang dari padanya dapat menghasilkan kesimpulan. Kedepannya informasi -informasi yang terkumpul dapat diolah menjadi sebuah pengetahuan baru.

Komponen (Component)
         Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan.
         Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem.
         Setiap subsistem mempunyai sifat-sifat dari sistem untuk menjalankan suatu fungsi tertentu dan mempengaruhi proses sistem secara keseluruhan.
Dalam suatu sistem informasi terdapat komponen-komponen seperti :
  • Perangkat  keras  (hardware)  :  mencakup  piranti-piranti  fisik  seperti  komputer  dan printer.
  • Perangkat  lunak  (software) atau program  :  sekumpulan  instruksi yang memungkinkan perangkat keras untuk dapat memproses data.
  • Prosedur  :  sekumpulan  aturan  yang  dipakai  untuk mewujudkan  pemrosesan  data  dan pembangkitan keluaran yang dikehendaki.
  • Orang  : semua pihak yang bertanggung  jawab dalam pengembangan sistem  informasi, pemrosesan dan penggunaan keluaran sistem informasi.
  • Basis  data  (database)  :  sekumpulan  table  ,hubungan  dan  lain-lain  yang  berkaitan dengan penyimpan data.
  • Jaringan  komputer  dan  komunikasi  data  :  sistem  penghubung  yang  memungkinkan sesumber (resources) dipakai secara bersama atau diakses oleh sejumlah pemakai.

Komponen Sistem Informasi Manajemen secara Fisik Adalah keseluruhan perangkat dan peralatan fisik yang digunakan untuk menjalankan SIM. Komponen  tersebut diantaranya ialah :
a)    Hardware atau perangkat keras
Peralatan komputer fisik dan alat-alat komputer yang saling berhubungan. Berikut ini merupakan 5 fungsi umum hardware, yaitu :
·         Input atau masukan
·         Central Processor (Perhitungan, pengendalian dan Primary Storage)
·         Secondary storage untuk data dan program
·         Output atau hasil atau keluaran
·         Komunikasi
Dan dapat digambarkan sebagai berikut: 











 a)    Software atau perangkat lunak
Merupakan istilah yang diberikan untuk sekumpulan instruksi langsung yang memungkinkan hardware memproses data.
Software diklasifikasikan menjadi 2, yaitu:
·    Software Sistem terdapat software pemrograman, operasi dan utilitinya, sedangkan
·    Aplikasi software terdapat aplikasi bisnis, akuntansi, indrustri dll.
b)  Database
Merupakan sekumpulan tabel, hubungan dan lain-lain yang berkaitan dengan penyimpanan seperti pita komputer dan paket piringan.
c)    Prosedur Pengoperasian
Merupakan komponen fisk karena prosedur disediakan dalam bentuk fisik, seperti buku panduan dan itruksi. Tiga tipe utama dalam prosedur yang dibutuhkan ialah:
·     Instruksi untuk pemakai merupakan aplikasi data recod, terminal pegawai untuk memasukkan dan medapatkan kembali data.
·     Instruksi untuk penyimpan input oleh para pemakai
·     Instruksi pengoperasian untuk karyawan pusat komputer

d)   Model manajemen dan pengambilan keputusan
e)   Personalia pengoperasian meliputi operator, progremer, analisa sistem, personalia penyimpanan data dan coordinator operasional SIM dan pengembangannya.
f)    Jaringan Komputer dan komunikasi data yaitu sistem penghubung yang memungkinkan sumber(resources) yang diakses oleh bersama.
g)   User atau sumber daya manusia

Penutup
Kesimpulan
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen sistem dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari sistem. Setiap sistem tidak perduli betapapun kecilnya, selalu mengandung komponen-komponen atau subsistem-subsistem. Jika salah satu komponen mengalami kesalahan akan berdampak pada semua komponen yang ada dalam sebuah system.

Saran
Meningkatkan Sumber daya manusia karena SDM merupakan komponen terpenting dalam SIM, karena manusialah yang menjalankan komponen pendukung lainnya. Sedangkan komponen pendukung itu hanya membantu manusia dalam menjalankan SIM guna mendapatkan strategi yang tepat untuk seorang manajer menjalankan organisasnya atau perusahaannya.

Referensi
-          McFadden, Fred R. 2002. Modern Database Management, Jakarta. http://books.google.co.id/books?id=2aXEg7DtCS0C&printsec=frontcover#v=onepage&q&f=false
-       Universitas Gunadarma (1994), Seri Diktat Pengantar Sistem Informasi. Jakarta: Gunadarma.




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar