TUGAS SOFTSKILL 2DB01

9.25.2010
PENGANTAR SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

·                     PENDAHULUAN
Pada hakikatnya pengertian atau definisi formal dari Sistem Informasi Manajemen adalah : Serangkaian sub-sistem informasi yang menyeluruh dan terkoordinasi yang secara rasional mampu menstransformasikan data sehingga menjadi informasi dengan berbagai cara guna meningkatkan produktivitas yang sesuai dengan gaya dan sifat manajer. (http://library.usu.ac.id/download/fe/akuntansi-mutia.pdf)
Ada juga menurut para ahli ilmu lainnya, yaitu :
      Burt Scanland dan J. Bernard Keys menyatakan bahwa SIM merupakan suatu system formal mengenai hal melaporkan, menggolongkan, dan menyebarkan informasi kepada orang-orang yang tepat dalam suatu organisasi.
      Liang Gie berpendapat SIM sebagai jalinan hubungan dan lalu lintas keterangan dalam suatu organisasi melalui proses pengumpulan, pengolahan, pemahaman, dan penyebaran kepada pejabat yang berkepentingan
Dalam Encyclopedia of Management disebutkan bahwa SIM merupakan suatu proses pendekatan yang direncanakan dan disusun untuk memberikan bantuan kepada pimpinan dalam proses manajer dan dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa SIM merupakan jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu organisasi dan disahkan bila diperlukan untuk memberikan data kepada manajemen untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan.
Selanjutnya akan dijelaskan lebih lanjut di pembahasan berikutnya.
·                     DEFINISI
System merupakan suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan. Suatu sistem dapat terdiri dari sistem-sistem bagian (subsystem). Misalnya, system komputer terdiri dari subsistem perangkat keras dan subsistem perangkat lunak. Subsistem-subsistem saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga tujuan atau sasaran sistem tersebut dapat tercapai.
Informasi ibarat darah yang mengalir di dalam tubuh suatu organisasi, sehingga informasi ini sangat penting di dalam suatu organisasi. Suatu sistem yang kurang mendapatkan informasi akan menjadi luruh. Informasi dapat didefenisikan sebagai hasil dari pengolahan data dalam suatu bentuk yang lebih berguna dan lebih berarti bagi penerimanya yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian (event) yang nyata (fact) yang digunakan untuk pengambilan keputusan. Sumber dari informasi adalah data. Data merupakan bentuk jamak dari bentuk tunggal atau data-item. Data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian-kejadian dan kesatuan nyata.(ilmukomputer.org/category/sistem-informasi-manajemen)

Sistem informasi manajemen (manajement information system atau sering dikenal dengan MIS) merupakan penerapan sistem informasi di dalam organisasi untuk mendukung informasi-informasi yang dibutuhkan oleh semua tingkatan manajemen. SIM (sistem informasi manajemen) dapat didefenisikan sebagai kumpulan dari interaksi sistem-sistem informasi yang bertanggung jawab mengumpulkan dan mengolah data untuk menyediakan informasi yang berguna untuk semua tingkatan manajemen di dalam kegiatan perencanaan dan pengendalian.
Secara teori, komputer tidak harus selalu digunakan didalam SIM, tetapi kenyataannya tidaklah mungkin SIM yang kompleks dapat berfungsi tanpa melibatkan elemen komputer. Lebih lanjut, bahwa SIM selalu berhubungan dengan pengolahan informasi yang didasarkan pada komputer (computer-based information processing).
SIM merupakan kumpulan dari sistem-sistem informasi. SIM tergantung dari besar kecilnya organisasi, dapat terdiri dari sistem-sistem informasi sebagai berikut :
1. Sistem informasi akuntansi (accounting information system),menyediakan informasi dari
transaksi keuangan.
2. Sistem informasi pemasaran (marketing information system), menyediakan informasi
untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan
penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
3. Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information system).
4. Sistem informasi personalia (personnel information systems)
5. Sistem informasi distribusi (distribution information systems)
6. Sistem informasi pembelian (purchasing information systems)
7. Sistem informasi kekayaan (treasury information systems)
8. Sistem informasi analisis kredit (credit analiysis information systems)
9. Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems)
10. Sistem informasi teknik (engineering information systems)

Unsur-unsur Sistem Informasi.
Semua sistem Informasi memiliki 3 (tiga) unsur atau kegiatan utama, yaitu :
1. Menerima data sebagai masukan ( input)
2. Memproses data dengan melakukan perhitungan, penggabungan unsur data, pemutakhiran perkiraan dan lain-lain.
3. Memperoleh informasi sebagai keluaran (output).
Prinsip ini berlaku baik untuk sistem informasi manual, elektromekanis maupun komputer.
Secara sederhana dapat dikatakan bahwa sebuah sistem informasi dan memproses data, dan kemudian mengubahnya menjadi informasi.

·                     FUNGSI
Didalam SIM ini terdapat beberapa fungsi yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan, diantaranya
1.    Pencarian data
2.    Penginformasian data kepada user (dapat berupa report text, dalam bentuk tabel, atau dalam bentuk grafik)
3.    Penyimpanan data
4.    Menambah pengetahuan / mengurangi kemungkinan ketidak pastian pemakai informasi
5.    Memberikan standar-standar, aturan ukuran dan aturan keputusan untuk penentuan dan penyebaran tanda-tanda kesalahan & umpan balik guna mencapai tujuan
6.    Memberikan suatu dasar kemungkinan untuk menanggapi seleksi kepada pengambil keputusan

Dengan adanya SIM ini, sebuah perusahaan mengharapkan suatu sistem yang dapat bekerja secara cepat dan akurat sehingga produktivitas kerja di perusahaan lebih meningkat. Setelah diperkenalkan konsep pemograman visual, sebuah SIM dapat dibuat dengan mudah dan pihak pengguna pun tidak mengalami kesulitan untuk mengoperasikannya.

·                     PENUTUP

Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa SIM merupakan jaringan prosedur pengolahan data yang dikembangkan dalam suatu organisasi dan disahkan bila diperlukan untuk memberikan data kepada manajemen untuk dasar pengambilan keputusan dalam rangka mencapai tujuan. Misalnya, system komputer terdiri dari subsistem perangkat keras dan subsistem perangkat lunak. Subsistem-subsistem saling berinteraksi dan saling berhubungan membentuk satu kesatuan sehingga tujuan atau sasaran sistem tersebut dapat tercapai. Dan ada beberapa keuntungan yang didapat oleh manajemen dalam menggunakan SIM, yaitu : Pimpinan dapat memanfaatkan waktu secara efektif dan efisien, Pengumpulan data berlangsung secara sistematika dan periodik, Butir-butir data tidak perlu diperbanyak walaupun dapat digunakan oleh beberapa keperluan, Efisiensi meningkat.


Saran
Perkembanagan SIM di era globalisasi ini sudah semakin beragam dan kompleks. Dan juga dikarenakan pertumbuhan yang sangat pesat terjadi di dunia tekhnologi sehingga membuat keragaman cara dan sturktur dalam suatu organisasi. Disinilah peran suatu manajemen, diharapkan dapat beradaptasi dan selalu mengikuti perkembangan jaman dalam memanfaatkan suatu system seperti SIM. Dan juga diharapkan para manajemen organisasi dapat mengoptimalkan produktivitas kerja para karyawan dalam penyampaian informasi yang lebih jelas dan rinci.

  • REFERENSI
-         http:// library.usu.ac.id/download/fe/akuntansi-mutia.pdf
-         http:// www.scribd.com › School Work  Homework
-         http:// definisi-pengertian.blogspot.com/.../pengertian-sistem-informasi-manajemen.html
-          http://ilmukomputer.org/category/sistem-informasi-manajemen/
-         http:// lily.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/9099/Pertemuan8.ppt
-          http://teknik-informatika.com/sistem-informasi-manajemen
-        http://www.ittelkom.ac.id/.../index.php?...251%3Asistem-informasi-manajemenandung.

-         Gordon B. Davis (1998) Kerangka dasar Sistem Informasi Manajemen: Pengantar Seri Manajemen No: 90. A, PT. Pustaka Binaman Pressindo, 1988.
-          Onang Uchjana Effendy. (1989). Sistem Informasi Manajemen. Penerbit CV. Mandar Maju, Bandung.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar