Dimana Pedoman Hidup Bangsa Indonesia Sekarang?

5.12.2013

Pandangan hidup adalah pendapat atau pertimbangan yang dijadikan pegangan, pedoman, arahan. Pendapat atau pertimbangan itu merupakan hasil pemikiran manusia berdasarkan pengalaman sejarah  menurut  waktu  dan tempat  hidupnya.
Menurut pahmo wadjono : “Pandangan hidup adalah sebagai suatu prinsip atau asas yang mendasari segala jawaban terhadap pertanyaan dasar, untuk apa seseorang hidup.
Dengan demikian pandangan hidup itu bukanlah timbul seketika atau dalam waktu yang singkat saja, melainkan melalui proses waktu yang lama dan terus menerus, sebingga basil  pemikiran itu dapat diuji kenyataannya. Hasil pemikiran itu dapat diterima oleh akal, sehingga diakui kebenarannya. Atas dasar ini manusia  menerima  hasil pemikiran itu sebagai pegangan, pedoman, arahan, atau petunjuk yang disebut pandangan hidup.
Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa sering disebut juga “Way of Life”, pedoman hidup, pegangan hidup, atau petunjuk hidup. Lanjut pancasila sebagai pandangan hidup bangsa digunakan sebagai petunjuk kehidupan sehari-hari masyarakat indonesia baik dari segi sikap ataupun perilaku haruslah selalu dijiwai oleh nilai-nilai luhur pancasila.

English: Gedung Pancasila

Di zaman yang sangat modern seperti saat ini nilai pancasila yang seharusnya menjadi pandangan hidup dan identitas bangsa sekarang tidak lagi menjadi acuan, ini diakibatkan oleh budaya barat yang melemahkan pemuda Indonesia dan celakanya, mereka berhasil menanamkan budaya asing di Indonesia dengan nyaris sempurna. Saat ini generasi muda Indonesia lebih suka menanam rumput tetangga dari pada rumput di rumah sendiri. Mereka membangga-banggakan kebiasaan yang dilakukan bangsa Barat sebagai karakter baru yang menyisihkan nilai-nilai luhur Pancasila.
Sebagai bangsa Indonesia, kita memiliki identitas sebagai bangsa Timur yang hidup dengan peradaban yang mengutamakan tata krama, moral dan alamiah. Sedangkan bangsa Barat terbiasa dengan kepraktisan, keliaran, dan ilmiah. Sudah Jelas, bahwa Indonesia adalah bagian dari peradaban Timur dengan dijiwai karakter Pancasila.
Pancasila merupakan pandangan hidup yang memiliki nilai – nilai dan karakter bangsa Indonesia, seharusnya pemuda Indonesia harus mengacu dan menjadi pancasila sebagai pendoma hidup, seperti halnya Al Quran adalah pedoman hidup umat islam supaya selamat di dunia dan akhirat. Tetapi mengembalikan karakter bangsa yang sudah hilang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, ini diperlukan kebulatan tekad dari seluruh warga Negara Indonesia, setiap penyelenggaran Negara baik pemerintah maupun masyarakat harus mempunyai rasa loyalitas yang tinggi terhadap Pancasila itu sendiri.



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO

0 komentar:

Posting Komentar